Kamis, 02 April 2020 Portal Berita Entrepreneur

Eca Maresha, Beautypreneur Raih Women of Excellence Indonesia Award

Foto Berita Eca Maresha, Beautypreneur Raih Women of Excellence Indonesia Award
WE Entrepreneur, Jakarta -

Industri kecantikaan dan kosmetik di Indonesia menjadi salah satu pasar potensial. Berdasarkan data Kementerian Perindustrian (Kemenperin), pada 2018 tercatat industri kosmetik nasional mengalami pertumbuhan hingga 20% dari pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun 2017.

Sementara pada kuartal I tahun 2019, sektor industri ini memberikan sumbangsih nilai PDB sebesar Rp21,9 triliun. Diharapkan segmen pasar kosmetik akan tumbuh pada angka 9% di 2019 dan ditargetkan mampu menembus nilai Rp50 triliun.

Baca Juga: Jadi Miliarder Termuda di Usia 22 Tahun, Ini Rahasia Kylie Jenner dengan Bisnis Kosmetiknya

Pasar potensial itu tentu saja menggiurkan bagi pengusaha Tanah Air, tak terkecuali bagi Eca Maresha. Wanita cantik bernama asli Reza Pahlevi Lestari ini menilai industri segmen pasar kosmetik, perawatan kulit, dan personal care sangatlah menjajikan. Oleh karena itu, tercetuslah ide di benak Eca untuk membuat sebuah brand kecantikan bernama Maresha Skincare.

"Aku ingin agar orang menjadi lebih aware dengan perawat kulit. Kulit yang terawat tidak hanya bersih, tetapi juga sehat. Jika kulitnya lebih sehat dan bercahaya, orang akan makin percaya diri," ujarnya.

Dengan motto Get your healthy and glowing skin with Maresha, Eca berharap produknya tidak hanya mampu membuat kulit bersih dan bercahaya, tetapi juga sehat. Eca mengaku produknya diolah dari bahan berkualitas. "Produk kami terbuat dari bahan-bahan alami seperti ekstrak lidah buaya, biji bunga matahari, daun rosemary," ungkapnya.

Eca yang kerap kali disebut sebagai beautypreneur atau orang pengusaha yang terjun di bisnis kecantikan mengaku sengaja membidik segmen pasar kelas menengah. Ia berharap strategi ini mampu melakukan penetrasi pasar dengan lebih baik.

"Kami berusaha memberikan pelayanan terbaik dengan harga terjangkau. Bekerja sama dengan dokter spesialis dan apoteker, kami bekerja keras untuk menjaga kualitas produk dan pelayanan kami," ujar Eca.

Berkat kegigihan dan semangat kerja kerasnya, Eca berhasil mengembangkan usahanya hingga ke luar negeri. Beberapa produk dari Maresha Skincare sudah ada yang diekspor ke Bangkok, Singapura, hingga Perth.

Untuk distribusi di dalam negeri, Eca merangkul distributor lokal hingga produknya tersebar di berbagai daerah di Tanah Air. Maresha Skincare pun sudah memiliki cabang klinik kecantikan pertamanya di Bandung.

Entrepreneurship bagi Eca adalah adalah sebuah tantangan untuk berkembang. Oleh karena itu, dibutuhkan komitmen dan kerja keras untuk bisa mengembangkan usaha hingga maju. Tak heran berkat tekad kuatnya, Eca berhasil mendapatkan Women of Excellence Indonesia Award in Beauty pada tahun lalu.

Eca mendapatkan penghargaan tersebut karena dalam rentang waktu satu tahun, Eca berhasil mengembangkan bisnis dan memasarkan produknya ke berbagai daerah di Indonesia, bahkan menembus pasar luar negeri. Eca sendiri menilai entrepreneurship di Indonesia makin berkembang dan dengan majunya komunikasi digital makin mempermudah pengusaha untuk menjalin relasi dan mengembangkan usahanya.

"Potensi mengembangkan usaha melalui digital sangat terbuka lebar. Sosial media tidak hanya digunakan untuk share moment kehidupan, tetapi juga bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis dan mendapatkan penghasilan," ujar Eca.

Dia pun menambahkan, bagi pengusaha muda disarankan untuk memahami secara mendalam bisnis yang digeluti. Jadi tidak hanya mengikuti tren viral yang sedang terjadi di masyarakat. Karena, seorang pebisnis harus mampu menentukan dan mengembangkan bisnis yang sustainable dan memiliki prospek cerah di masa depan.

Tag: Pengusaha, industri kosmetik nasional, Eca Maresha, Maresha Skincare

Penulis: ***

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Foto: Eca Maresha