Kamis, 02 April 2020 Portal Berita Entrepreneur

Dulu Satpam Restoran, Pria Ini Kini Jadi Orang Terkaya di Negaranya

Foto Berita Dulu Satpam Restoran, Pria Ini Kini Jadi Orang Terkaya di Negaranya
WE Entrepreneur, Jakarta -

Pengusaha dan miliarder asal China, Hui Ka Yan pada tahun 2017 dinobatkan sebagai orang terkaya versi Forbes dengan kekayaan mencapai USD42,5 miliar atau Rp590,28 triliun.

Hui Ka Yan adalah Chairman Evergrande Real Estate Group yang bergerak di sektor properti. Hui lahir pada 9 Oktober 1958 di sebuah desa miskin di Provinsi Hunan.

Ayah Hui Ka Yan adalah mantan tentara revolusi China dan ibunya meninggal saat ia baru berusia satu tahun.

Baca Juga: Kisah Nina Wang, Wanita Terkaya di Asia yang Tidak Suka Menikmati Kekayaannya

Ketika lulus SMA, Hui Ka Yan berani untuk melompati tembok tradisi yang ada kala itu, dia tinggal di desa kelahirannya dan bekerja di sana.

Gigih dan pekerja keras, awalnya ia bekerja sebagai sopir traktor hingga menjajal peruntungan di kota sebagai satpam di sebuah restoran.

Saat berprofesi sebagai satpam restoran, Hui Ka Yan merasa kurang puas dan akhirnya berhenti. Dia sempat memiliki keinginan untuk mengenyam bangku kuliah.

Tahun 1979, ia pun mencoba mendaftar di perguruan tinggi. Meski gagal, Hui Ka Yan tidak menyerah, dia kembali ke bangku SMA lalu belajar lebih banyak di sana, hal itu demi keinginannya untuk masuk Universitas.

Usahanya pun tidak sia-sia, Hui Ka Yan akhirnya berhasil diterima di perguruan tinggi Wuhan Institute of Metallurgy. Setelah lulus pada 1982, dia bekerja sebagai teknisi di sebuah pabrik baja di kota Wugang di Provinsi Henan di China tengah selama 10 tahun.

Hui Ka Yan merasa tidak puas dan membangun perusahaan properti, yakni Evergrade. Yang akhirnya menjadi perusahaan ternama di Tiongkok. Hui membentuk Real Estate Evergrande pada 1996 dengan kurang dari 20 karyawan. Ide awalnya adalah dengan membangun apartemen kecil.

Kemudian, Evergrande go public di Bursa Hong Kong pada 2009 dan berganti nama dari Evergrande Real Estate ke China Evergrande Group pada Juni 2016.

Evergrande memiliki saham mayoritas pada salah satu tim sepakbola di China, dan Alibaba Group memegang saham minoritas di sana. Putra Hui, Xu Zhijian, yang memegang gelar MBA dari Universitas Tsinghua menjadi wakil presiden di Evergrande.

Menurut Forbes, pria yang memiliki dua anak tersebut sempat menduduki orang terkaya nomor 24 di dunia dan juga menempati peringkat ke-60 sebagai orang yang berpengaruh di 2018.

Kini dengan kekayaan USD29,4 miliar atau setara Rp408 triliun berdasarkan real time net worth Forbes, Hui Ka Yan menjadi orang terkaya ke-3 di negaranya, China.

Tag: Hui Ka Yan, Orang Terkaya, China (Tiongkok)

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Twitter/Forbes