Jum'at, 29 Maret 2024 Portal Berita Entrepreneur

Pecah Rekor, Disney Raup Cuan Rp52 Triliun di 2019!

Foto Berita Pecah Rekor, Disney Raup Cuan Rp52 Triliun di 2019!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Tahun 2019 menjadi tahun yang berjaya bagi perusahaan konglomerasi kelas dunia, Disney. Pasalnya perusahaan besutan Walt Disney ini berhasil menyumbang kisaran 33 persen dari total pasar di industri perfilman Hollywood

Deretan film produksi Disney pun sukses menghasilkan lebih dari Rp52 triliun di Box Office Amerika Serikat sebagai pencapaian tertinggi rumah produksi film yang dikenal begitu dekat dengan anak-anak. 

Tahun 2018 lalu, Disney bahkan sempat memecahkan rekor yang menembus angka Rp43 triliun. Sementara sepanjang tahun 2019 ini, rumah produksi ragam hiburan dan media ini sukses raup lebih dari Rp52 triliun dan menjadi rekor baru sepanjang sejarah industri perfilman.

Baca Juga: Di Balik Tajirnya Disney Co, Sang Pendiri Berjuang Mati-Matian! Dari Timbun Utang Hingga . . . .

Berdasarkan riset data dari Comscore, sepanjang tahun 2019 kemarin, box office Amerika Serikat berhasil menghasilkan cuan di angka Rp 157, 64 triliun. Hal ini tak terlepas dari film-film yang diproduksi oleh Disney yang bahkan menyumbangkan dengan presentase sebesar 33 persen dari total pasar.

Nah, apabila digabungkan dengan 20th Century Fox, angkanya berada di 38 persen, itu pun baru mewakili pasar film di Amerika Serikat saja. Sementara pesaing Disney, Warner Bros, harus rela hanya menyumbang 13,8 persen saja.

Tahun 2018 sebenarnya Disney hanya bisa menyumbang 10,5 persen dari box office AS. Namun, saat akhirnya memutuskan untuk membeli Marvel dan Lucasfilm, mereka akhirnya berkembang menjadi perusahaan film terkuat saat ini.

Adapun kesuksesan Disney sebagai perusahaan media yang memproduksi film dibuktikan melalui tahun 2019 yang merilis layanan streaming Disney+ beserta 7 dari 10 film yang di produksinya berhasil kokoh di daftar 8 film terlaris! Hm.. Pantas saja ya!

Film “Spider-Man: Far From Home” merupakan salah satu film yang menduduki posisi di daftar 8 film terlaris yang gak didistribusikan oleh Disney. Film superhero ini dibantu produksi bersama Sony. 

Disney pun berencana merilis blockbuster kuat seperti “Jungle Cruise,” “Mulan,” “Black Widow,” “The Eternals,” “Onward,” “Soul” and “Raya and the Last Dragon”. Siap untuk gebrakan film Disney berikutnya?

Tag: The Walt Disney Company

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Tech Crunch