Jum'at, 16 April 2021 Portal Berita Entrepreneur

Komik dan Game Online Jadi Ladang Cuan Bagi Pria Ini, Simak Kisahnya

Foto Berita Komik dan Game Online Jadi Ladang Cuan Bagi Pria Ini, Simak Kisahnya
WE Entrepreneur, Jakarta -

Tak ada habisnya membahas mereka yang masuk dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes. Bahkan, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui sepenuhnya tentang masing-masing dari mereka. Termasuk tentang William Ding Lei. Siapa dia sebenarnya?

Namanya mungkin masih terdengar asing. Namun, harta kekayaan milik Lei tidak main-main. Pria berusia 48 tahun ini memiliki kekayaan sebesar US$17,8 miliar atau sekitar Rp249,2 triliun berkat game online.

Dia merupakan CEO NetEase yang merupakan perusahaan pionir di bidang teknologi Tiongkok yang jarang diketahui orang. Lewat kekayaannya, Lei menduduki posisi ke-81 sebagai orang terkaya di dunia.

Baca Juga: Terkuak! Mayoritas Konglomerat China Kaya Raya Berkat. . .

Ia mendirikan NetEase pada 1997 silam. Mulanya, karyawan yang membantunya hanya tiga orang saja. Perusahaannya itu juga hampir bangkrut karena ledakan dotcom era 1990-an.

Perusahaannya semakin besar ketika pada tahun 1999-2000 memutuskan untuk listing di bursa Nasdaq. Pada saat itu, Lei berhasil mengumpulkan dana US$70 juta.

Ia berhasil menjadi orang terkaya di China melalui Fantasy Westward Journey, sebuah game yang terinspirasi dari novel abad ke-16. Pada tahun 2015, NetEase memiliki 310 juta pengguna dan pada tahun itu juga diluncurkan permainan versi mobile phone.

Baca Juga: Deretan Gamers Ini Bukti Nyata, Hobi Bisa Jadi Ladang Rezeki

Pada 2016, disaat dunia demam Pokemon Go, aplikasi Fantasy Westward Journey telah menghasilkan US$800 juta di China saja. Ia pun mulai merambah bisnis komik. Tak disangka-sangka, pelebaran sayapnya ini menarik banyak pihak.

Usahanya semakin melejit setelah sepakat bekerja sama dengan Marvel Comics pada 2017. Di mana, NetEase telah menerbitkan beberapa judul komik Marvel termasuk Captain America dan Iron Man di China.

Tag: Kisah Sukses, miliarder

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Business Insider