Rabu, 21 April 2021 Portal Berita Entrepreneur

Sosok Pria di Balik Terciptanya WordPress

Foto Berita Sosok Pria di Balik Terciptanya WordPress
WE Entrepreneur, Jakarta -

Kamu tahu WordPress? WordPress merupakan sistem pengelolaan konten gratis yang digunakan lebih dari 60 juta situs web blog di dunia. Sistem canggih ini ternyata diciptakan oleh tangan dingin Matt Mullenwed, pria yang di drop out dari kampusnya sendiri.

Tak seorang diri, Matt membuat WordPress dengan kawannya Mike Little di tahun 2003 saat Matt berusia 20 tahun.

Matt lahir pada 11 Januari 1984, di Houston, Texas, Amerika Serikat (AS). Demi mendapatkan gelar Sarjana Politik, Matt menjalankan pendidikan di Universitas Houston. Namun, dirinya tak bertahan sampai lulus karena lebih memilih bekerja di CNET Networks.

Baca Juga: Kisah Sukses CEO Netflix, Berawal dari Rental DVD

Dia bekerja di CNET selama dua tahun sebelum akhirnya berhenti untuk memulai usaha sendiri dengan mendirikan Automattic.

Matt kini menjabat sebagai CEO Automattic, sebuah perusahaan pengembangan WordPress yang mendukung sejumlah layanan CMS (Content Management System) lainnya di dunia. Automattic telah mengumpulkan ratusan juta dolar Amerika Serikat (AS) dan mengakuisisi lebih dari 17 perusahaan selama lebih dari 10 tahun terakhir.

Pada dasarnya, ia bukanlah orang yang menyukai pemrograman komputer. Namun, ketika dia baru berusia 18 tahun, dia biasa memposting blog di b2/cafelog, platform blogging open-source.

Tetapi, setelah beberapa saat, pengembang utama platform blogging tersebut berhenti dan tak ada perkembangan lebih jauh. Hal ini memunculkan ide Matt untuk mengembangkan platform blogging b2 codebase sesuai dengan standar web saat itu.

Baca Juga: Simak Kisah Berdirinya Forever 21

Dia akhirnya mengajak rekannya Mike Little untuk membuat platform tersebut. Mereka membuat beberapa perbaikan utama dan menambahkan beberapa fitur lagi ke platform, yang menjadi cikal bakal lahirnya WordPress.

Di tahun pertama berdiri, WordPress masih mencari pengguna yang bisa mempopulerkan platform tersebut di tingkat global. Memasuki Februari 2005, Matt bersama dengan tim WordPress merilis WordPress 1.5 'Strayhorn'. Ini memperkenalkan beberapa fitur top yang ada, seperti tema, fitur moderasi, dan desain ulang dari depan dan belakang.

Baca Juga: Dipertanyakan Sumber Kekayaannya, Pria Ini Dapuk Gelar Orang Terkaya di Ukraina

Singkat cerita, WordPress terus tumbuh ke arah yang lebih baik. Pertumbuhan terus meningkat luar biasa setiap tahun. Pada April 2012, dilaporkan bahwa WordPress memberdayakan lebih dari 70 juta situs dan menghasilkan US$45 juta pada tahun itu.

Matt sendiri telah memenangkan beberapa penghargaan karena prestasinya tersebut. Bahkan, Business Insider menamainya di antara 10 orang paling berpengaruh karena mengubah wajah internet. Ia juga pernah masuk ke dalam daftar Forbes 30 Under 30 pada Februari 2011. Jumlah hartanya kini ditaksir telah mencapai sekitar US$40 juta atau sekitar Rp560 miliar.

Tag: Wordpress.com, Kisah Sukses

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: TED