Rabu, 27 Januari 2021 Portal Berita Entrepreneur

Jangan Biarkan Finansial Melorot, Yuk Kontrol Keuangan di 2019 dengan Cara Ini!

Foto Berita Jangan Biarkan Finansial Melorot, Yuk Kontrol Keuangan di 2019 dengan Cara Ini!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Kabarnya, 2019 adalah tahun yang menjadikan penentu kehidupan finansial seseorang. Wah itu tandanya, kamu harus pintar-pintar mengatur masalah keuangan dong di tahun ini. Daripada kamu ketakutan tentang nasib finansial kamu kedepannya, lebih baik kamu bikin rencana deh buat tahun ini yang berkesinambungan sama keuangan.

Baca Juga: Mau Pensiun Dini Jadi Pengusaha? Lakukan 3 Persiapan Finansial Berikut

Bagaimana caranya? Gampang, simak ulasannya:

1. Punya gambaran lengkap

Untuk mengendalikan uangmu di tahun ini, kamu harus tahu dari mana kamu memulainya. Maksudnya? Kamu harus punya gambaran lengkap dari apa yang kamu miliki, kewajiban apa yang harus kamu selesaikan, dan pengeluaran apa setiap bulannya yang wajib kamu bayarkan. Percayalah, gambaran ini berpengaruh banget buat mengontrol keuangan.

Baca Juga: Hai Milenial, Ini 2 Cara Dapatkan Penghasilan Tanpa Terikat Waktu di 2019

2. Buat rencana pengeluaran berkelanjutan

Istilah menentukan “anggaran” setiap bulan terasa begitu menyeramkan bagi sebagian orang. Oke, coba kita ganti dengan “rencana pengeluaran”. Dengan begitu, diharapkan kamu bisa menentukan rencana pengeluaran apa saja yang begitu urgent setiap bulannya.

Baca Juga: Finansial Berantakan, 5 Publik Figur Terlilit Utang Sampai Meninggal Dunia

Melansir dari Entrepreneur.com (15/2/2019), ternyata menyisihkan 15 persen dari penghasilan bulanan kamu buat kesenangan, 15 persen buat persiapan pensiun, dan 70 persen sisanya buat kebutuhan penting seperti kebutuhan dasar kehidupan itu bisa dipercaya sebagai sistem perencanaan keuangan yang apik juga lho.

Dengan metode ini, kamu enggak akan tertekan dengan keharusan berhemat. Walaupun sama saja sih, tetapi seenggaknya kamu enjoy melakukan perencanaan ini dan uang kamu di tahun 2019 bisa terkontrol dengan baik.

3. Tuliskan tujuan keuanganmu

Kamu tahu enggak? Ternyata orang-orang yang menciptakan narasi kohesif untuk kehidupan mereka lebih mungkin buat menjadi sukses lho. Artinya, kalau kamu sedang berada dalam pengontrolan keuangan, menuliskan tujuan keuangan itu bisa membantu kamu membangun jalan untuk mencapainya.

Cobalah menuliskan tujuan keuanganmu dalam potongan yang mudah dicerna dari satu, tiga, lima, tujuh dan sepuluh tahun berkelanjutan. Ini memecah tujuan yang lebih besar menjadi tonggak yang lebih kecil di sepanjang jalan, sehingga kamu bisa memiliki ide yang baik tentang ke mana kamu akan pergi, dan juga langkah apa yang perlu kamu ambil untuk sampai ke sana.

Tag: Finansial, tips - ict

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel