Senin, 08 Maret 2021 Portal Berita Entrepreneur

Keren! Kebab Baba Rafi Jadikan India Pasar Ke-10

Foto Berita Keren! Kebab Baba Rafi Jadikan India Pasar Ke-10
WE Entrepreneur, Jakarta -

Bisnis kuliner asal Indonesia, Kebab Turki Baba Rafi mengumumkan ekspansi terbarunya ke India, Kamis (7/2/2019), di Jakarta. India merupakan negara kesepuluh yang dirambah waralaba kebab yang didirikan Hendy Setiono.

Sebagai CEO Kebab Turki Baba Rafi, Hendy yang mengawali bisnis dengan berjualan menggunakan gerobak di Surabaya pada 2003, memutuskan untuk berekspansi ke Malaysia, Filipina, Bangladesh, Singapura, Srilanka, Brunei Darussalam, China, hingga ke Belanda, dan kini India. 

Hendy menjelaskan, "Selama lebih dari 15 tahun Baba Rafi beroperasi, kami secara konsisten melakukan ekspansi bisnis yang mengedepankan sistem menguntungkan (profitable), terjangkau (affordable), dan inovatif (innovation). Hal ini yang membawa kami tumbuh dan menjadi modal memasuki pasar baru di negara lain, seperti kali ini India."

Baca Juga: Ekspansi, Waralaba Kebab Baba Rafi Segera Hadir di Taiwan

Hendy menambahkan, selain karena kemiripannya dengan Indonesia dalam cita rasa makanan, jumlah populasi warganya dan pasar yang dinilai memiliki potensi yang bagus untuk pengembangan bisnis menjadi alasan Hendy memilihnya sebagai negara tujuan ekspansi.

Kebab Turki Baba Rafi memulai konsep bisnis franchise atau waralaba sejak 2005, hingga kini memiliki hampir 1.300 outlet yang tersebar di sembilan negara tersebut. Keputusan Hendy memilih bisnis waralaba merupakan upaya untuk mewujudkan visi Kebab Turki Baba Rafi untuk menjadi waralaba kebab yang bukan hanya terbesar di dunia, melainkan yang paling menguntungkan dan berpengaruh. 

Sistem usaha waralaba ini juga merupakan upaya Kebab Turki Baba Rafi untuk turut berkontribusi terhadap pertumbuhan kewirausahaan di Indonesia. Pasalnya, menurut Kementerian Koperasi dan UKM, sistem waralaba merupakan salah satu cara efektif untuk mendongkrak rasio kewirausahaan Indonesia. 

Hal tersebut dikarenakan kemudahan yang ditawarkan berupa teknologi, sumber daya manusia, serta bahan baku yang diberikan oleh usaha induknya. Sehingga, sistem waralaba bisa menjadi solusi bagi wirausahawan pemula yang ingin merintis usaha.

Kebab Turki Baba Rafi juga memberikan pengaruh positifnya terhadap pertumbuhan wirausahawan di Indonesia dengan menggelar serial pelatihan bisnis oleh para profesional untuk wirausahawan muda dan pelaku UKM di Indonesia, melalui Baba Rafi Academy.

Akademi ini telah diselenggarakan sebanyak enam kali dengan lebih dari 100 peserta dari wirausahawan muda yang telah memiliki usaha mandiri selama lebih dari satu tahun.

"Sudah saatnya para pengusaha lokal yang berhasil mengembangkan usahanya dapat memberikan dukungan kepada para pengusaha muda dan UKM untuk turut membantu perkembangan kewirausahaan di Indonesia, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," tutup Hendy.

Tag: Kebab Baba Rafi

Penulis: Ning Rahayu

Editor: Rosmayanti

Foto: Kebab Baba Rafi