Jum'at, 29 Maret 2024 Portal Berita Entrepreneur

Kabarnya, Konsumen Online di Negara Ini Bakal Tembus $2 Triliun pada 2019

Foto Berita Kabarnya, Konsumen Online di Negara Ini Bakal Tembus $2 Triliun pada 2019
WE Entrepreneur, Jakarta -

Setahun yang lalu, lebih dari 500 juta pembeli online di China menghabiskan $1 triliun untuk pembelian. Berkat pertumbuhan aplikasi seluler dan peningkatan jaringan logistik, yang telah membantu perusahaan e-commerce menjangkau pelanggan baru di kota-kota kecil, China dikabarkan sedang dalam perjalanan untuk mencapai tonggak $2 triliun tahun ini.

Menurut perusahaan riset pasar eMarketer (31/1/2019) mengenai perkiraan ritel dan e-commerce di seluruh dunia, China siap untuk menjadi pasar ritel top dunia pada akhir tahun ini, menggantikan AS. Penjualan ritel China tahun ini akan melampaui penjualan AS lebih dari $100 miliar.

Baca Juga: Berminat Bangun Mitra Bisnis dengan China? Ini 5 Kuncinya!

Laporan tersebut mendasar pada analisis data kuantitatif dan kualitatif dari perusahaan riset, agen pemerintah, perusahaan media, dan perusahaan publik, ditambah wawancara dengan para eksekutif di penerbit, pembeli iklan, dan agensi.

Tahun lalu, sebuah laporan oleh Forrester mengatakan bahwa perusahaan riset pasar lain, seperempat dari seluruh penjualan ritel di kawasan Asia-Pasifik akan muncul secara online pada tahun 2022, dipimpin oleh China dan Korea Selatan.

Kekuatan pembelanjaan

Total penjualan ritel di China akan tumbuh 7,5 persen hingga mencapai $5,636 triliun, sementara di AS penjualan ritel akan tumbuh 3,3 persen hingga mencapai $5,529 triliun. Tingkat pertumbuhan melambat untuk kedua negara tersebut tetapi tingkat pertumbuhan China akan melebihi Amerika Serikat hingga 2022.

"Dalam beberapa tahun terakhir, konsumen di China telah mengalami peningkatan pendapatan, melontarkan jutaan ke kelas menengah baru," kata Monica Peart, direktur senior di eMarketer, melansir dari Entrepreneur.com (31/1/2019), "hasilnya ditandai dengan peningkatan daya beli dan pengeluaran rata-rata per orang.”

Pertumbuhan ekonomi ritel

E-commerce adalah salah satu pendorong utama ekonomi ritel China, dengan penjualan tumbuh di atas 30 persen tahun ini mencapai $1,989 triliun. Ini menyiratkan bahwa 35,3 persen dari penjualan ritel di China terbuka di Internet dan itu merupakan tingkat tertinggi di dunia sampai sekarang. AS tertinggal jauh di belakang.

Laporan tersebut juga menambahkan bahwa menjelang akhir tahun ini China akan memiliki 55,8 persen dari semua penjualan ritel online secara global, dengan angka itu diperkirakan akan melampaui 63 persen pada tahun 2022. Sementara itu, pangsa pasar e-commerce global AS diperkirakan akan turun menjadi 15 persen pada tahun 2022.

Dengan begitu, memiliki pangsa pasar lebih dari 53 persen, Alibaba dikabarkan akan memimpin penjualan e-commerce di China. Peart mengatakan, saham raksasa yang didirikan Jack Ma itu telah terus menurun selama beberapa tahun terakhir karena meningkatnya pemain yang lebih kecil. Platform perdagangan sosial Pinduoduo, misalnya, telah mengalami pertumbuhan tiga digit sejak 2016, meskipun bagiannya tetap kecil.

"Pendatang baru dan pengecer multichannel terus mengambil bagian dari raksasa Alibaba dan JD.com," kata Peart, “para pemain dewasa mengarahkan pandangan mereka pada ekspansi internasional lebih lanjut. Pemain lokal yang lebih kecil menemukan ceruk mereka di pasar e-commerce China dengan mengintegrasikan WeChat dan menggunakan data online-ke-offline untuk menargetkan konsumen yang lebih baik.”

Tag: E-commerce, China (Tiongkok), Bisnis Online

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Reuters/Aly Song