Kamis, 28 Maret 2024 Portal Berita Entrepreneur

5 Cara Simple Buat Pembeli Menjadi Pelanggan Tetap di Bisnis Online Anda

Foto Berita 5 Cara Simple Buat Pembeli Menjadi Pelanggan Tetap di Bisnis Online Anda
WE Entrepreneur, Jakarta -

Siapa yang ingin bisnis onlinenya laris manis diserbu pelanggan? Tentu semuanya ingin dong ya. Namun, membuat pembeli Anda menjadi pelanggan tetap itu membutuhkan taktik yang jitu lho ternyata.

Kali ini, Michael Sugiharto membagikan taktik jitunya tentang cara membuat pembeli Anda menjadi pelanggan tetap bisnis Anda. Artinya, si pembeli ini semacam ketagihan berbelanja di tempat Anda dan enggak mau berpaling ke lain hati. Simak dan terapkan taktik berikut:

Loyalty Program

Membuat loyalty program ini memang sudah umum dilakukan oleh bisnis online. Pengaruh yang diberikan loyalty program cukup besar kepada bisnis Anda tentunya. Dengan memberikan loyalty program, seperti memberikan point atau voucher belanja kepada pelanggan Anda dapat membuat mereka kembali lagi ke toko Anda untuk berbelanja di lain hari.

"Anda dapat memberikan loyalty berupa voucher, misalkan pembeli Anda membeli belanjaan seharga Rp500 ribu atau Rp1 juta dapat gratis voucher Rp100 ribu yang bisa digunakan untuk belanja selanjutnya. Jangan langsung di hari itu juga, agar mereka tetap kembali berbelanja di kemudian hari," kata Michael Sugiharto.

Menjaga Mutu dan Kualitas Produk

Pastikan Anda selalu menjaga mutu dan kualitas produk yang Anda jual. Sehebat apapun marketing Anda, iklan Anda, sehebat apapun endorse Anda, namun ketika pelanggan mendapatkan barang Anda dengan mutu dan kualitas yang tidak sebagus dengan aslinya, mereka tidak akan kembali berbelanja kepada Anda. Bahkan, lebih parahnya lagi, mereka akan bercerita kepada orang lain mengenai kekecewaannya terhadap produk Anda.

"Jika Anda sudah iklan dengan bagus, promosi yang menarik, berusahalah untuk jujur kepada pelanggan Anda. Apapun keadaannya, dan pastikan mutu produk Anda sama bagusnya dengan promosi Anda," katanya.

Excellent Customer Service

Nah, yang satu ini begitu berpengaruh nih. Pernahkah Anda pergi ke suatu tempat belanja atau situs belanja online karena alasan pelayan atau ownernya begitu ramah? Yaps, keramahan yang diberikan kepada pelanggan dapat memberikan satu point emas bisnis Anda di mata pelanggan.

Tidak memerlukan cara yang sulit, hanya sesederhana sapaan yang membuat pelanggan senang dan tenang, di situ Anda sudah mampu mengendalikan dan memegang emosi mereka sehingga mereka merasa dihormati.

Buat Promo-Promo Menarik

Cara selanjutnya, yakni buat promo yang menarik. Jangan terlalu sibuk dengan produksi, namun Anda juga harus meluangkan waktu bisnis dengan adakan promo-promo menarik di hari besar. Misalnya, adakan promo di hari lebaran, natal, harbolnas, atau hari-hari besar lainnya yang dapat dengan mudah pelanggan Anda ingat.

"Bukan promo beli satu gratis satu, tapi promo yang dikaitkan dengan tanggal dan waktu-waktu tertentu," ucapnya.

Kerja Sama dengan Endorse

Yang terakhir, gunakan jasa endorse yang masih satu lini dengan produk Anda. Maksudnya adalah misalnya ketika Anda menjual bisnis fesyen Korea, Anda harus cari tahu siapa yang senang membeli produk bisnis Anda. Setelah Anda mengetahui target pasar Anda tersebut, hubungkanlah produk Anda dengan kebutuhan yang lainnya dari target Anda.

Tag: Tips Bisnis, Bisnis Online, Customer Service, Pengalaman Pelanggan

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel