Jum'at, 29 Maret 2024 Portal Berita Entrepreneur

Peluang E-commerce di Asia Tenggara

Foto Berita Peluang E-commerce di Asia Tenggara
WE Entrepreneur, Jakarta -

Pasar online Asia Tenggara mendominasi berita utama e-commerce di seluruh wilayah, baik itu Lazada, Shopee, Qoo10, Tokopedia, Amazon atau Bukalapak. Mereka sudah menghabiskan miliaran dolar modal ventura untuk tidak hanya mengembangkan merek, tetapi juga dalam mendidik konsumen Asia Tenggara terhadap nilai dan konsep e-commerce, menurut Hian Goh, rekan pendiri dan mitra umum di Openspace Ventures.

Mereka menerapkan pilar ­e-commerce pengaktifan untuk membentuk dasar peluang e-commerce besar di Asia Tenggara:

Perangkat yang ramah biaya dan terhubung ke Internet

Pada tahun 2010, harga rata-rata ponsel Android adalah $ 441. Harga tinggi adalah penangkal ekstrem, mengingat pendapatan rumah tangga rata-rata yang relatif rendah di seluruh Asia Tenggara. Pada 2016, harga rata-rata turun 53 persen menjadi $ 208, memungkinkan lebih banyak orang menggunakan Internet dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Kepercayaan konsumen membeli secara online

Pada akhir 2015, penjualan e-commerce ritel di Asia Tenggara untuk enam pasar terbesar melintasi tanda $ 10 miliar dolar untuk pertama kalinya, membuktikan kesediaan konsumen untuk bertransaksi melalui Internet.

Logistik yang andal

Pada tahun 2016, penyedia dan fasilitator logistik pihak ketiga Asia Tenggara (pikirkan Ninja Van, aCommerce, dan DHL Ecommerce) berhasil menembus enam pasar terbesar di Asia Tenggara.

Dengan adanya tiga fasilitator pertumbuhan ini, e-commerce di Asia Tenggara sedang mencapai titik infleksi dan diproyeksikan akan meningkat menjadi $ 88 miliar pada tahun 2025. Ekspansi kepercayaan konsumen yang cepat untuk membeli secara online merupakan merek asli digital dengan model bisnis langsung ke konsumen, kesempatan untuk tumbuh di seluruh Asia Tenggara.

Merek-merek digital asli yang siap untuk berhasil di dunia yang baru dan berabad-abad ini adalah mereka yang berhasil mengatasi disonansi kognitif generasi millennial dengan memperkenalkan "makna tingkat yang lebih tinggi" ke dalam produk mereka.

Tag: E-commerce, Bisnis Online

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Lazada Indonesia