Sabtu, 20 April 2024 Portal Berita Entrepreneur

Moka Kenalkan Keuntungan Loyalitas Digital pada Wanita Wirausahawan di IWF 2018

Foto Berita Moka Kenalkan Keuntungan Loyalitas Digital pada Wanita Wirausahawan di IWF 2018
WE Entrepreneur, Jakarta -

Moka, startup penyedia layanan kasir digital, mendukung ribuan wanita wirausahawan kreatif melalui Indonesia’s Women Forum (IWF) 2018 yang digelar oleh Femina Group bersama Google Indonesia dan P&G Indonesia sebagai pendukung masterclass pada sesi 'Memenangkan Bisnis di Industri Service', dengan topik utama merubah operasional offline menjadi online dalam berbisnis dengan memanfaatkan teknologi cloud yang efektif, Kamis (8/11/2018).

Menurut survei Google Indonesia, 47% wanita pengusaha UKM belum menggunakan internet untuk mengembangkan bisnis mereka. Padahal, wirausahawan yang mengadaptasikan teknologi dalam pengembangan bisnisnya, mengalami kemajuan sebanyak 80% dibandingkan dengan yang tidak menggunakan teknologi.

Moka yang dipercaya oleh lebih dari 12.000 outlet di Indonesia mengisi seminar dengan berbagi kepada para pelaku usaha untuk memanfaatkan program loyalitas kepada pelanggan melalui platform digital. Program ini merupakan satu di antara berbagai jenis strategi yang dapat dijalankan oleh para pelaku usaha, di mana program loyalitas merupakan metode yang efektif untuk mempertahankan pelanggan melalui pemberian insentif agar mereka melakukan pembelian berulang bagi produk dan jasa yang ditawarkan. Penelitian dari Nielsen, bahkan menyebutkan 84% konsumen cenderung lebih memilih ritel yang menawarkan program loyalitas kepada pelanggannya.

Dengan memanfaatkan program loyalitas, bisnis dapat menjaga hubungan dengan pelanggan setia melalui keutamaan mengenal produk populer, pola pembelian, serta masukan dan kritik yang diberikan oleh pelanggan.

Menurut Bayu Ramadhan, VP Brand & Marketing Moka, merchant Moka yang telah mengaplikasikan program loyalitas terbukti berhasil mengalami peningkatan pendapatan sebesar rata-rata 48,47%.

"Selain mudah karena semua sistem berbasis digital, program loyalitas juga dapat membantu bisnis dalam meningkatkan pendapatan, dan tentunya bisa lebih dekat dengan pelanggan," terangnya. 

Tiga keuntungan lain yang didapatkan dari program loyalitas adalah akan membuat 50% pelanggan lebih condong mencoba produk baru, strategi mempertahankan pelanggan terbukti memiliki lima kali lipat biaya lebih rendah untuk bisnis, dan akan lebih menguntungkan bagi pemilik bisnis karena pelanggan akan berbelanja 31% lebih banyak dari yang lainnya.

Tag: Moka POS

Penulis: ***

Editor: Rosmayanti

Foto: Moka