Selasa, 13 April 2021 Portal Berita Entrepreneur

Tips Jadi Wirausahawan Ala Founder ECI

Foto Berita Tips Jadi Wirausahawan Ala Founder ECI
WE Entrepreneur, Jakarta -

Cita-cita unutuk menjadi seorang wirausaha tampaknya menjadi cita-cita semua orang yang ingin terlepas dari status karyawan. Tentu akan ada kepuasan tersendiri jika seseorang melepas status karyawan dan menjadi seorang pengusaha. Namun, asal menjadi usaha juga dapat menimbulkan ketidaksesuaian antara harapan dan kenyataan.

Meski banyak orang yang bercita-cita menjadi pengusaha, tidak sedikit juga orang yang belum memiliki semangat untuk menjadi wirausahawan. Pinpin Bhaktiar (43), seorang pengusaha di bidang properti yang juga founder dari Entrepreneur Club Indonesia (ECI), memiliki tips untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Menurutnya, untuk menjadi wirausahawan, seseorang harus memiliki dua hal berikut.

1. Berpengetahuan Baik

Menumbuhkan jiwa kewirausahaan harus berpengetahuan baik. Pengetahuan baik bisa didapatkan di mana pun, baik dari bangku pendidikan atau kampus maupun dari pengalaman pribadi yang bisa saja ditemukan di jalan atau di mana pun.

Namun menurutnya, jangan menjauhi pendidikan, karena menurut Pinpin, pendidikan adalah hal yang sangat penting untuk membuat seseorang berpikir menjadi pengusaha.

2. Dimulai dari Berdagang

Membangun bisnis harus dimulai dari berdagang. "Mulai saja dulu," tegas Pinpin.

Karena menurutnya, kepuasan ketika mendapatkan penghasilan adalah perasaan yang mahal yang semestinya dimiliki oleh seorang pengusaha.

Tag: Entrepreneur, Entrepreneur Club Indonesia (ECI), Pinpin Bhaktiar, Wirausaha, Tips Bisnis

Penulis: Ning Rahayu

Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Foto: Sufri Yuliardi