Selasa, 20 April 2021 Portal Berita Entrepreneur

6 Cara Ambil Keputusan dalam Berwirausaha

Foto Berita 6 Cara Ambil Keputusan dalam Berwirausaha
WE Entrepreneur, Jakarta -

Kesuksesan bisnis Anda tergantung cara Anda dalam mengambil setiap keputusan. Namun, ketika diperhadapkan dengan permasalahan dalam bisnis atau menerima banyak masukan, tentu Anda akan mengalami kebimbangan. Maka dari itu, sebagai pemimpin dalam bisnis, Anda harus mampu melakukan hal-hal yang dapat menjauhkan Anda dari kebimbangan. Berikut adalah cara mengambil keputusan dalam berwirausaha menurut entrepreneurcamp.id.

1. Singkirkan Rasa Takut Salah

Ketakutan untuk berbuat salah adalah hal manusiawi. Anda pasti ingin menghindari risiko negatif dari keputusan yang diambil. Namun, Anda tidak mungkin selalu benar. Anda bisa saja salah dalam membuat keputusan.

Akan tetapi, Anda bisa belajar untuk tidak melakukan kesalahan yang sama dan mengasah kemampuan Anda dalam membuat keputusan berikutnya. Setiap proses pengambilan keputusan pasti akan mendewasakan karakter dan cara berpikir Anda.

Oleh sebab itu, beranilah dalam membuat keputusan. Jangan melemparkan tanggung jawab ini pada orang lain atau tidak memutuskan sama sekali.

2. Identifikasi Masalah yang Terjadi

Anda tidak dapat membuat keputusan yang tepat jika Anda salah mengidentifikasi masalah. Anda harus teliti dan mengerti hingga detail setiap permasalahan yang terjadi dalam bisnis Anda.

Keputusan yang diambil harus relevan dan tidak asal-asalan. Dengan begitu, Anda dapat mencari solusi yang tepat sasaran untuk memecahkan masalah tersebut.

3. Gunakan Informasi dan Data Saat Memutuskan

Jangan hanya mengandalkan intuisi. Supaya keputusan Anda tepat, Anda perlu mengumpulkan informasi dan data yang lengkap terkait persoalan yang ingin diputuskan.

Informasi dan data akan sangat membantu Anda dalam melakukan pertimbangan yang rasional dan sesuai dengan realita yang terjadi sehingga Anda pun bisa berpikir kritis untuk membuat keputusan terbaik.

4. Diskusikan Masalah dengan Orang yang Tepat

Terkadang, cara mengambil keputusan yang tepat harus dilakukan bersama orang lain. Tidak semua keputusan harus Anda ambil sendiri. Ajaklah orang-orang kepercayaan untuk diskusi dalam rapat. Anda bisa meminta pendapat dari rekan bisnis, para manager, ataupun karyawan terbaik Anda.

Bersama dengan mereka, Anda akan mendapatkan ide-ide yang tidak terpikirkan oleh Anda. Ini akan sangat memudahkan Anda dalam membuat keputusan yang cepat dan juga tepat.

5. Tetapkan Tenggat Waktu Pengambilan Keputusan

Semakin berat masalahnya, semakin sulit proses pengambilan keputusan. Anda pasti membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mempertimbangkannya baik-baik.

Namun, jangan sampai Anda terlalu lama dalam bersikap. Anda bisa saja kehilangan kesempatan yang baik jika Anda telat mengambil suatu keputusan.

Untuk itu, buatlah tenggat waktu atau batas waktu terakhir Anda dalam menentukan keputusan sehingga Anda tidak menunda-nunda dan membuang waktu dengan sia-sia.

6. Hadapi Apa pun Risiko yang Terjadi

Setelah Anda membuat keputusan, Anda harus mengawasi pelaksanaannya. Itu adalah tanggung jawab seorang pemimpin supaya hasilnya bisa sesuai dengan harapan.

Namun, jika Anda menerima risiko akibat keputusan Anda, hadapilah dengan sikap yang bijaksana sebab pasti selalu ada pembelajaran berarti dari setiap keputusan dan hasil yang terjadi.

Tag: Tips Bisnis, Entrepreneur, Wirausaha

Penulis: Ning Rahayu

Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Foto: Antara/R. Rekotomo