Sabtu, 06 Maret 2021 Portal Berita Entrepreneur

Hindari Bisnis dengan Niat Cari Modal!

Foto Berita Hindari Bisnis dengan Niat Cari Modal!
WE Entrepreneur, Jakarta -

Sunil Tolani, Co-Founder & Chief Enthusiast Officer Idaff.com mengungkapkan bahwa kebanyakan para startup masa kini itu bersaing untuk bisa mendapatkan modal dari investor. Terlebih, jika yang menjadi orientasi adalah ingin menajdi startup Unicorn. Maka biasanya, startup seperti ini hanya akan memperbaiki kualitas bisnisnya dengan tujuan mendapatkan suntikan dana. 

Bagi Sunil, buatlah bisnis yang menguntungkan, dan bukan bisnis yang mencari modal meski di awal berbisnis modal menjadi hal penting dan dibutuhkan dalam membuat bisnis.

"Tetapi, usahakan modal awal itu jangan hanya untuk memvalidasi proses. Alangkah baiknya kalau memang sudah menghasilkan revenue dengan profit kecil. Karena enggak ada jaminan people akan invest to you," kata Sunil.

Menurutnya, berbisnis di zaman dahulu dan masa kini sangat berbeda.

"Zaman dulu mencari investor itu susah banget. Jadi, kalau orang mau berwirausaha itu harus putar terus sampai untungnya menjadi besar. Kalau sekarang, ketok pintu saja sudah bisa," katanya. 

Namun, menurut Sunil, bukan berarti mendapatkan pendanaan atau modal dari investor merupakan hal yang buruk. Akan tetapi, sebisa mungkin tidak menggantungkan bisnis pada para investor. 

Tag: Tips Bisnis, Sunil Tolani, Idaff.com, Entrepreneur, Startup, Wirausaha

Penulis: Ning Rahayu

Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Foto: Sufri Yuliardi